Header Ads

3 Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Membeli SSD

3 Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Membeli SSD
Technizen.ID - Mungkin banyak diantara kalian yang ingin membeli SSD untuk dipasang di komputer ataupun laptop supaya mengakses file dapat lebih cepat dan juga meningkatkan performa komputer dan laptop. SSD merupakan singkatan dari Solid State Drive.

Solid state drive atau SSD merupakan sistem penyimpanan terbaru yang memiliki kinerja tinggi jika dibandingkan dengan hardisk biasa. SSD menawarkan kecepatan transfer data yang jauh lebih cepat dan mampu mengkonsumsi lebih sedikit sumber energi.


1. Kecepatan Menulis / Baca 

3 Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Membeli SSD

SSD menawarkan kecepatan kinerja yang signifikan yang lebih baik daripada hardisk biasa, sehingga kamu perlu mengecek bagaimana kecepatan yang dimiliki oleh si SSD tersebut, terutama saat membaca dan menulis data(lihat didaftar spesifikasi pada sebuah SSD). Semakin besar nilai yang dihadirkan, maka semakin baik dari sebuah SSD. Maka ketika anda akan melihat sebuah SSD, sebaiknya jangan langsung memutuskan untuk membeli, mungkin saja anda memiliki SSD yang lebih cepat dengan perbedaan harga tidak jauh.

2. Ukuran Slot

3 Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Membeli SSD

Kalau kamu berencana memasang SSD pada laptop untuk menggantkan harddisk lama kamu, maka kamu perlu melihat berapa ukuran fisiknya. Misalnya, HDD dengan ukuran 2,5 inci dengan ketinggian berkisar 5mm sampai ke 9.5mm tersedia dalam beberapa slot. Kalau laptop Anda hanya bisa memuat ketinggian sampai 7.5mm, maka SSD dengan ukuran 9.5 mm tidak akan muat untuk dipasang. Nah maka dari sebelum membeli SSD pastikan dahulu slot pada laptop kamu apa cocok dengan barang yang akan di beli.

3.  Harga




Dari semua hal diatas yang terpenting adalah harga, karena setiap orang mempunyai budget berbeda untuk membeli SSD. Bagi orang yang mempunyai budget yang terbatas mungkin dia akan memilih SSD paling murah tapi tentunya berkualitas walaupun kapasitasnya kecil. Jadi lakukanlah riset  terlebih dahulu cari tahu harga yang paling murah, dan tempat terbaik untuk membeli SSD agar mendapatkan SSD dengan harga terjangkau namun berkualitas  

No comments

Powered by Blogger.