Header Ads

Yuk Mengenal Berbagai Macam Jenis SSD


Yuk Mengenal Berbagai Macam Jenis SSD


SSD adalah suatu perangkat yang dibutuhkan untuk mempercepat booting, membaca, ataupun menulis data. Namun kalian harus paham perbedaan SSD karena jenis-jenis SSD itu berbeda, berbeda dari segi bentuknya, kecepatan baca atau tulis datanya, dan serta harganya. Kali ini Technizen akan membahas tentang Jenis-jenis SSD.


1. SSD SATA 2.5 Inch
Yuk Mengenal Berbagai Macam Jenis SSD
SSD jenis ini mirip sekali bentuknya dengan HDD laptop 2.5, mungkin karena itu namanya menjadi SSD 2.5 Inch. Untuk Solid State Disk Jenis ini biasanya dipakai untuk laptop maupun PC untuk menambah kecepatan booting atau baca maupun tulis menggantikan Harddisk yang sudah usang dan ketinggalan jaman dan harganya SSD jenis ini bisa dibilang paling murah karena kecepatan rata-rata SSD untuk jenis ini biasanya hanya sampai ±550 MB/s  lebih untuk kecepatan bacanya sedangkan untuk kecepatan tulisnya  ± 500MB/s.



2. SSD M.2 SATA



Untuk SSD yang satu ini bentuknya seperti RAM, memang dibuat dan didesain seperti itu dikarenakan SSD ini dikhususkan untuk komputer mobile seperti Notebook ataupun Laptop. Dirancang seperti ini fungsinya untuk menghemat tempat dan mengurangi berat laptop itu sendiri, walaupun kecepatan Read/Writenya masih sama seperti SSD SATA dan perbedaan bentuk dan ukuran ini biasanya disebut form factor. SSD ini mempunyai type ukuran dimensi yang berbeda seperti 22mm x 42mm / 22mm x 60mm / 22mm x8 0mm / 22mm x110 mm. 



3. SSD mSATA 


mSATA sama seperti SSD m.2 SATA hanya berbeda untuk ukuran dan bentuknya saja, untuk kecepatan speed Read/Writenya sama seperti SSD M.2 SATA dan digunakan juga untuk perangkat komputer mobile.


4. SSD M.2 NVMe

SSD M.2 NVMe mirip dengan SSD M.2 dari segi bentuknya mirip tapi untuk masalah speed berbeda cukup signifikan. SSD NVMe diklaim bisa 3x lebih cepat dari SSD SATA M.2. Ini disebabkan karena SSD NVMe menggunakkan teknologi NVMe (Non-Volatile Memory Express) teknologi ini adalah perkembangan standar AHCI (Advanced Host Controller Interface) yang membuat performa SSD NVMe akan lebih cepat dibandingkan jenis SSD SATA. Perlu diperhatikan jika kamu ingin membeli SSD ini untuk Motherboard kamu pastikan dispesifikasi Motherboard yang kamu pakai support untuk SSD NVMe. Karena Motherboard lawas biasanya tidak bisa menggunakan SSD ini, karena NVMe tergolong teknologi yang masih baru jadi bisa saja Motherboard lawasmu tidak bisa menggunakan SSD NVMe ini. Jika ingin mengetahui motherboard yang kamu pakai support atau tidak untuk SSD jenis NVMe ini kamu bisa cek di website resmi dari merek motherboard yang kamu pakai. Pastikan pada bagian spesifikasi Storage cek apakah terdapat tulisan support (PCIE 3.0 x 4 mode) atau tidak jika ya maka motherboard yang kamu gunakan bisa menggunakan SSD ini.



5. SSD PCIe




SSD PCIe ini menggunakan interface PCIe yang mempunyai performa dan kinerja lebih baik daripada SATA. SSD ini biasanya digunakan untuk PC desktop karena sudah jelas dari bentuk dan ukurannya cukup besar tentunya tidak cocok digunakan untuk komputer Mobile.  


No comments

Powered by Blogger.