Header Ads

3 Situs Belajar Bahasa Pemrograman!

3 Situs Belajar Pemrograman ! 


Gambar oleh Freepik.com




Halo Technizen! Di zaman yang sudah modern ini banyak sekali profesi yang baru terlahir guna memenuhi permintaan industri. Salah satunya adalah programmer, dari namanya mungkin dari sebagian kalian sudah ada yang mengetahui bagaimana profesi seorang programmer atau bahkan menggelutinya sebagai pekerjaan. Programmer adalah orang yang berprofesi sebagai penulis program menggunakan kode bahasa pemrograman seperti Java, C, Javascript, Ruby, Phyton, dan masih banyak lagi. 

Di tahun 2021 ini industri teknologi semakin berkembang, dan semakin banyak industri yang membutuhkan profesi IT untuk memajukan bisnis atau industri. Programmer adalah salah satu profesi IT yang cukup banyak dibutuhkan dan juga cukup banyak diminati oleh banyak orang. Karena dalam suatu bisnis atau industri membutuhkan sekali berbagai macam teknologi untuk mempermudah manusia menjalankan bisnis atau industri mereka. Karena itu orang dengan profesi IT cukup banyak dibutuhkan termasuk seorang pemrogrammer, karena biasanya seorang programmer itu mengerti bahasa pemrograman komputer untuk pembuatan suatu Aplikasi ataupun sebuah website.

Dikarenakan berbagai macam alasan diatas mungkin saja Technizen disini ada yang berminat menjadi seorang programmer tapi bingung harus mulai darimana. Technizen kali ini memberikan tips 5 Situs Belajar Bahasa Pemrograman. Disimak yuk!


1. Code.org 


Code.org® adalah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk memperluas penyebaran akses ilmu komputer di sekolah dan meningkatkan partisipasi perempuan dan minoritas yang kurang terwakili. Di Code.org ini kalian bisa mempelajari dasar-dasar cara Coding, bahkan disitus ini ada materi yang dibuat untuk anak-anak. Jadi mungkin saja akan cocok dengan kalian yang baru ingin belajar coding atau bahasa pemrograman.


2. Progate.com


Di Progate.com kalian juga bisa belajar dasar-dasar beberapa bahasa pemrograman secara gratis!. Namun jika kalian ingin lebih mendalam lagi untuk belajar bahasa pemrograman tingkat lanjut. Kalian hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 109.000 untuk mengakses paket konten yang berisi materi bahasa pemrograman tingkat lanjut. Dan yang bikin menarik disini adalah adanya level akun. Layaknya sebuah video game jika kalian selalu melakukan Grinding atau hunting untuk mendapatkan Exp dan bertujuan untuk naik level sama halnya yang akan kita lakukan di Progate ini. Jadi seolah-olah kita melakukan leveling dengan cara grinding atau hunting atau menyelesaikan misi tertentu. Di Progate jika kalian menyelesaikan suatu tugas atau task membuat suatu koding, kalian akan mendapatkan EXP dan akun kalian akan naik level. Menarik bukan?


3. GitHub

GitHub sebenarnya lebih cocok untuk yang sudah memahami atau sudah mahir dalam belajar Bahasa Pemorgraman. Karena kebanyakan di GitHub terdapat banyak programmer yang sudah Expert yang membagikan berbagai macam proyek mereka ke GitHub. Tapi ada juga yang beberapa digunakan orang yang baru belajar pemrograman karena biasanya mereka sedang mengerjakan suatu proyek dan mereka mencari referensi di GitHub ini. Yang jelas mungkin saja kurang cocok untuk kalian yang baru belajar. 

Bagaiman Tips Technizen kali ini? Bermanfaatkan?

No comments

Powered by Blogger.