Header Ads

Cara Mensetting Modem ZTE f609 Secara Dasar

 

Kali ini Technizen akan memberikan Tips dan Trick Cara Mensetting Modem ZTE f609 Secara Dasar. Biasanya modem ini dipakai untuk para pelanggan ISP Indihome ya, tapi ada juga yang berbeda. 

Disclaimer : Technizen tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan atau kerusakan yang timbul. Technizen bertujuan membuat artikel ini hanya untuk pembelajaran saja.

Mengubah Nama SSID

Hal yang pertama adalah merubah nama SSID. Mungkin saja teman-teman ada yang ingin merubah nama SSID atau nama Wifi atau nama Modemnya menjadi sesuai nama yang diinginkan. Berikut adalah caranya :

1. Buka Browser kalian, lalu masukkan IP modem kalian di Kolom Address Bar


sebelum memulai pastikan kalian sudah menginstall browser ya dan buka browsernya. Disini Technizen menggunakan Browser Google Chrome Versi 89.0.4389.90 (Official Build) (64-bit). Lalu masukkan IP Modem kalian di Address Bar browser kalian. Biasanya secara default IP Modem ZTE f609 adalah 192.168.1.1. Setelah itu akan muncul tampilan login seperti ini. Lalu silahkan masukkan password dan usernamenya, Biasanya secara default password dan usernamenya adalah admin untuk usernamenya dan admin untuk passwordnya.





2. Setelah login kalian langsung pilih bagian Network  lalu pilih WLAN lalu pilih SSID Settings  lalu silahkan ubah nama Modem kalian dengan nama yang kalian suka.


Setelah kalian berhasil login kalian akan melihat beberapa pilihan. Kalian langsung saja pilih bagian Network di bagian kiri lalu pilih WLAN setelah itu pilih SSID Settings lalu pada bagian SSID Name silahkan ubah nama modem nya sesuai dengan keinginan kalian. Lalu silahkan klik submit maka modem akan otomatis merubah nama SSID atau modem atau wifi kalian.


Menyembunyikan SSID atau Wifi 

Technizen juga memberikan tips cara menyembunyikan SSID atau Wifi berikut caranya:

1. Sama seperti cara sebelumnya kita lakukan login terlebih dahulu dengan cara memasukan IP Modem nya



2. Setelah login kalian langsung pilih bagian Network  lalu pilih WLAN lalu pilih SSID Settings lalu centang bagian Hide SSID



Setelah itu klik submit maka akan langsung otomatis SSID atau Wifi kita menjadi tersembunyi 


Terhubung Jaringan Dengan Menggunakan MAC Address tertentu atau Memblokir Perangkat Dengan MAC Address tertentu

Terakhir di artikel Cara Mensetting Modem ZTE f609 Secara Dasar, Technizen ingin memberikan tips bagaimana Cara Device atau perangkat yang kita digunakan bisa terhubung ke Jaringan Modem tapi hanya perangkat tertentu saja, misalnya perangkat yang sudah kita daftarkan MAC Addresnya di modem kita. Berikut adalah caranya

1. Seperti biasa kita harus melakukan login terlebih dahulu


2. Setelah login kalian langsung pilih bagian Network  lalu pilih WLAN lalu pilih Access Control List lalu bagian Mode pilih Permit lalu silahkan masukkan MAC Address perangkat yang ingin ditambahkan



silahkan kalian masukkan MAC Address yang ingin kalian tambahkan setelah itu klik add jika sudah. 
Maka akan otomatis device yang kita tambahkan bisa masuk kedalam jaringan Modem dan bisa menikmati Internetnya.

Selain itu ada cara kebalikannya yaitu memblokir beberapa perangkat dari MAC Addressnya. Biasanya digunakan untuk device device tertentu yang tidak diperbolehkan menggunakan jaringan tersebut. Caranya sama seperti cara diatas tapi bedanya hanya dengan Mode nya dirubah  dari permit menjadi Block jadi yang masuk daftar tadi yang sebelumnya di izinkan menjadi tidak di izinkan untuk masuk kedalam Jaringan Modem tersebut. Jadi tolong perhatikan baik-baik ya.


  
Bagaimana Tipsnya? Cukup mudah kan. Semoga tips kali ini bermanfaat untuk kalian semua ya. 



No comments

Powered by Blogger.